Sunday, October 23, 2016

Peta Konsep Fluida dalam Fisika

Peta Konsep Fluida dalam Fisika - Dalam fisika fluida dikelompokkan menjadi dua, yaitu fluida statis dan dinamis. Fluida statis mempelajari fluida yang tidak bergerak, sedangkan fluida dinamis mempelajari fluida bergerak (mengalir). Dengan mempelajari materi fluida, Anda dapat menjelaskan beberapa peristriwa sehari-hari yang terlihat aneh. 

Misalnya, makin dalam Anda menyelam, makin sakit telinga Anda; mengapa kapal yang terbuat dari besi dapat mengapung; mengapa kapal selam dapat tenggelam, mengapung, dan menyelam; dan mengapa selang air yang ditutup sedikit airnya menjadi memancar.

Berikut ini peta konsep fluida:

Peta Konsep Fluida dalam Fisika
Peta Konsep Fluida

Dalam ilmu fisika kita mengnal yang namanya fluida ideal dan fluida sejati. Sifat fluida ideal, antara lain, tidak kompresibel, artinya tidak mengalami perubahan ketika mendapat tekanan; ketika bergerak tidak mengalami gesekan; dan alirannya stasioner (aliran yang konstan). Sifat fluida sejati, antara lain, kompresibel, artinya volume atau massa jenisnya berubah ketika mendapat tekanan; gesekan antara fluida dan dinding tabung tidak diabaikan; dan alirannya tidak stasioner (turbulon atau bergejolak). 

Fluida merupakan topik yang sangat penting. Hampir tiap hari Anda berhubungan dengan fluida

Artikel Terkait

Peta Konsep Fluida dalam Fisika
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email